Pages

Subscribe:

Mengenai Saya

Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
kujalani hidup dg apa adanya, bukan ada apanya.

Pengikut

Minggu, 12 Februari 2012

Valentine Tiba, Jangan Takut Makan Cokelat!



(c)thinkquest.org
Hampir semua orang boleh dibilang suka dengan penganan satu ini, khususnya kaum wanita. Cokelat, penganan yang sering dijadikan ikon pernyataan cinta ini ternyata menyimpan segudang kandungan zat-zat yang dapat menyehatkan tubuh. Ingin tahu?! Mari kita simak ulasannya secara singkat berikut ini. KapanLagi.com - Seperti yang dilansir dari wikipedia, cokelat mengandung beberapa jenis alkaloid seperti fenetilamina, teobromin, dan anandamida, yang sedikit banyak berhubungan dengan tingkat serotonin dalam otak, dapat memicu perasaan nyaman dalam diri seseorang.

Kandungan terbesar dalam cokelat adalah teobromin, yang dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung, sehingga membuat seseorang dapat tetap terjaga dan bersemangat. Efek yang sama juga bisa didapat dari kafein pada kopi atau teh. Khasiat lain dari teobromin adalah untuk meredakan batuk.

Selain zat-zat di atas, penganan yang kini muncul dalam berbagai rasa ini juga mengandung phenylethylamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang menciptakan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik, dan dapat menumbuhkan perasaan jatuh cinta. Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa cokelat sering dipakai sebagai ikon tanda cinta.

Kandungan antioksidan (fenol dan flavonoid) juga membuat cokelat menjadi salah satu minuman kesehatan yang difavoritkan, apalagi besarnya kandungan antioksidan yang ada ternyata 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang sering dianggap sebagai sumber antioksidan. Fenol ternyata mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat memperkecil resiko terkena serangan jantung. Zat ini juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker, stroke, dan darah tinggi. Kandungan lemak pada cokelat kualitas tinggi juga terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

Cokelat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, B1, C, D, dan E. Selain itu, cokelat juga mengandung ragam mineral penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium, dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Seseorang yang kekurangan magnesium dapat menderita hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian, dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan mengonsumsi cokelat maka asupan magnesium akan meningkat sehingga kadar progesteron pada wanita pun ikut naik. Hal inilah yang mengurangi efek negatif dari PMS.

Jadi, jika ada begitu banyak manfaat baik dari cokelat, maka pada hari Valentine ini tentunya kita tidak perlu takut lagi untuk mengonsumsi cokelat bukan?! Tapi, ingat, secukupnya saja yah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar